Sunday, December 2, 2018

cara Pemupukan dan Menanam Padi


Cara pemupukan padi yang benar agar hasil nya lebih maksimal,waktu pemberian pupuk pada tanaman padi juga berpariasi,berikut cara menanam dan pemupukan padi yang tepat:

Jika menggunakan pupuk urea,SP36,dan KCI,Satu hari sebelum menanam maka lakukan lah penyebaran pupuk SP36 hingg 100%,setelah umur tanaman 7 hari maka lakukan penyebaran Urea 30 %,dan KCI 50%,lalu jukaumur sudah 20 hari maka lakukan pemyebaran Urea 40%, dan jika umur 30 hari maka lakukan penyebaran Urea 3o%,dan KCI 50%,Jika setelah menggunakan Urea,SP36,dan KCI,ketika mempunyai BWD Aplikasi pertama dan kedua sama seperti diatas,tetapi setelah itu dalam waktu seminggu sekali maka lakukan tes warna daun dengan BWD.

kalau hasil pengetesan dirasa butuh penambahan Urea maka laku kan lah penambahan Urea, cukup sedikit saja sekitar 10%,pengetesan di lakikan sampai umur tanamah 40 hari,pada umur 30 hari KCL yang tersisa 50% maka nerikan lah semua nya.

Jika Menggunakan Urea dan Npk ponska,

Jika umur 7 hari maka berikan Urea 30% dan NPK Ponska 50%, pada umur 20 hari maka berikan Urea 40%,dan juka sampai umur 30 hari maka berikan Urea 30% dan NPK ponska 50%.

taburkan lah dengan secara merata pada area sawah jika menggunakan sistem tegal,jika menggunakan sistem tanam jajar legowo maka berikan lah pupuk pada tempat yang ada tanaman nyaatau diluar legowo,pemberian pupuk atau penyebaran nya hanya dilakukan melalui legowo tersebut. Ada juka pemberian pupuk yang di jimpit kan di perempatan tanaman kemudian di injak dengan satu kaki.

semua itu terserah yang mau menggunakan jika ada waktu dan tenaga dengan memberian pupuk dengan cara dijimpit dan di injak juga karena merupakan paling efektif  karena bisa mengurangi terbiang nya pupuk oleh serapan-serapan pupuk,dan penguapan maupun terbawa aliran air.Namun jika merasa repot dan ga ada waktu boleh jugadengan diebarr secara merataagar hasil dan buah hasil nya sangat memuaskan,

No comments:
Write comments

Popular Posts